Timnas Indonesia di Piala Dunia 1938

Diposting oleh Wahyu Winoto, S.Pd.

Timnas Indonesia di Piala Dunia 1938

Timnas Indonesia
Anda mungkin pernah mendengar keluhan orang lain dan bertanya-tanya sendiri, “Kapan ya Indonesia ikut Piala Dunia?”. Setelah hasil pertandingan yang memilukan melawan Bahrain pada laga kualifikasi FIFA World Cup 2014 Brazil Rabu (29/2/2012) dengan skor pahit 0-10, angka yang cukup banyak untuk membuat bangsa kita tertunduk malu ditambah tanpa satupun gol balasan yang mampu disarangkan ke gawang lawan.
Tapi tahukah Anda, sebenarnya Indonesia pernah bertandang serta tercatat sebagai negara Asia pertama dalam laga yang sangat bergengsi ini. Hal ini terjadi di tahun 1938, dalam masa penjajahan Belanda, 7 tahun sebelum bangsa ini memperoleh kemerdekaan dan tentu saja masih menggunakan nama Hindia Belanda. Piala Dunia yang diadakan di Velodrome Municiple Reims, Prancis ini mempertemukan tim Garuda dengan tim Hongaria yang kuat, Indonesia terpukul mundur dengan skor kalah telak 0-6.

Diperkuat dengan campuran pemain lokal, keturunan Tionghoa dan Belanda, Hindia Belanda berlaga bersama Kapten Ahmad Nawi dan penjaga gawang Tan Mo Heng. Meski dengan fisik yang kecil, mereka tak pernah gentar dengan lawan. Permainan berjalan sportif dengan tak ada satupun perkelahian selama 90 menit.

Setelah merdeka dari tangan penjajah, prestasi sepak bola tanah air justru semakin surut. Indonesia tak bisa lolos dari pertandingan Pra Piala Dunia. Bahkan kekalahan Indonesia atas Bahrain semalam dipandang sebagai catatan terburuk. Walaupun demikan, pilihan tetap berada di tangan kita. Mencemooh dengan kritikan pedas, atau berbalik tetap mendukung dengan menganggap hat tersebut sebagai pelajaran mahal yang berharga. Keberhasilan tidak selalu datang begitu saja. Butuh perjuangan ekstra untuk meraihnya. Semoga tim Garuda kembali mengharumkan bangsanya bersama dengan suara riuh pendukungnya yang setia.(s@ri)

Timnas Indonesia di Piala Dunia 1938


Description: Timnas Indonesia di Piala Dunia 1938 Rating: 4.5 Reviewer: Wahyu Winoto, S.Pd. - ItemReviewed: Timnas Indonesia di Piala Dunia 1938

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

TOKO RM, TOKO ONLINE MURAH TERPERCAYA