Picu Adrenalin Lewat Olahraga Parkour

Diposting oleh Wahyu Winoto, S.Pd.

Picu Adrenalin Lewat Olahraga Parkour


Suatu ketika Anda membayangkan melompat dari atap gedung, melewati pagar hanya dengan sekali lompat, menerobos kemacetan mobil dengan berlari karena buru-buru ke kantor dan melompat ke kendaraan yang sedang berjalan di bawah flyover. Sebenarnya hal tersebut bisa dilakukan. Sebagaimana film Yamakasi dari negeri Perancis, yang akhirnya menjadi inspirasi bagi anak-anak muda di tanah air untuk mengembangkan olahraga Parkour. Memang ada beberapa nama untuk olahraga ketangkasan ini seperti Art Du Deplacement, Free Running dan Parkour itu sendiri. Meski demikian, ibaratnya kopi cream, ketiganya memiliki kesamaan dan saling melengkapi.

Parkour memang merupakan salahsatu olahraga yang cukup ekstrim namun sangat menantang untuk dicoba. Kombinasi antara olahraga senam, dan lari bebas hingga menjadikan gerakan yang atraktif dengan mengoptimalkan kekuatan dan kelenturan otot. Ketangkasan dan kecepatan gerakan akan membawa anda pindah dari satu titik ke titik lain secara efektif dan efisien. Lengan dan kaki akan menjadi sangat terlatih untuk melakukan gerakan-gerakan akrobatik dan mendorong adrenalin Anda.

parkourxtreme
Parkour sebenarnya ditujukan pada teknik untuk melewati rute dengan memanfaatkan kekuatan fisik dengan gerakan yang cepat tanpa kehilangan banyak energi untuk sampai tujuan. Semua gerakan parkour difokuskan untuk mencapai tujuan atau dapat digunakan dalam keadaan terjepit untuk melarikan diri dari kejadian tidak terduga. Parkour adalah gerakan simple dan populer, karena prinsip moderasi atau kesederhanaan. Prinsip inilah yang dikembangkan oleh David Belle (salahsatu pendiri parkour) untuk dipahami oleh seluruh praktisinya di seluruh dunia. Sedangkan istilah Traceur adalah sebutan untuk para praktisi Parkour. Traceur akan disematkan kepada seseorang yang telah memahami arti, basic, dan filosofi dari Parkour itu sendiri. Traceur berasal dari kata “tracer” yang berarti cepat, mempercepat (to trace/ to go fast).

Lalu bagaimana memulainya?
Selayaknya olahraga lain, parkour memerlukan ketekunan dan fokus bagi pelajarnya. Persiapan mulai dari pakaian, sepatu dan menghindari aksesoris yang mengganggu merupakan hal yang harus diperhatikan. Pakaian yang longgar dan sepatu dengan cengkraman yang maksimal akan membantu Anda untuk melakukan gerakan-gerakan dasar seperti melompat, dan berlari.

Melakukan pemanasan sebelum latihan, mulai kaki, lengan hingga leher untuk mengurangi cedera mutlak dilakukan selain juga memperhatikan kemampuan Anda. Beberapa gerakan akan memaksa Anda untuk mengeluarkan tenaga ekstra pada bagian tangan, sehingga penggunaan energy bagi tubuh bagian atas juga harus diimbangi dengan kelenturan untuk mencegah kram. Pemanasan 10 s/d 20 menit sebelum memulai latihan dan 10 menit setelah latihan akan sangat baik untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap prima.

Melawan ketakutan
Ketakutan akan lumrah dihadapi oleh para pemula dalam olahraga ini. Naluri alami tubuh dalam menghindari hal-hal yang menyebabkan cedera merupakan hal yang harus dihadapi, selain teknik dan gerakan parkour itu sendiri. Oleh karenanya, praktisi parkour harus tekun berlatih untuk meyakinkan diri bahwa hal itu bisa dilakukan. Hal ini penting, karena kepercayaan diri akan tumbuh dan mendorong praktisi parkour untk melakukan gerakan yang sulit, dan agar tidak merasa terpojok untuk mencoba sesuatu yang belum diyakini. Karena dengan berlatih semua itu bisa dilakukan, meskipun memerlukan waktu dan usaha.

Bergabung dengan kelompok parkour di kampus ataupun di tempat-tempat latihan olahraga akan membantu Anda mendapatkan pengetahuan dan partner untuk berlatih. Semisal Anda belum tahu tempat berkumpul Komunitas Parkour Indonesia, bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan informasi mengenai dasar, teknik dan tempat serta waktu latihan. Maka bagi Anda yang tertarik. Siapkan fisik dan mental Anda. Selamat mencoba! (wd)
*) Dari berbagai sumber

Picu Adrenalin Lewat Olahraga Parkour


Description: Picu Adrenalin Lewat Olahraga Parkour Rating: 4.5 Reviewer: Wahyu Winoto, S.Pd. - ItemReviewed: Picu Adrenalin Lewat Olahraga Parkour

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

TOKO RM, TOKO ONLINE MURAH TERPERCAYA